Panduan Cara Mencuci Bahan Kain Lap dan Handuk Microfiber

Bahan kain microfiber adalah bahan kain yang berfungsi sebagai alat pembersih, jadi sangat penting untuk Anda dalam merawat dan menjaga bahan kain microfiber agar tetap awet.

Bahan kain microfiber dapat diibaratkan seperti magnet untuk kotoran dan debu, serta dapat menarik dan menyapu sesuatu yang menempel pada puing dan bakteri yang tidak diinginkan. Untuk tetap menjaga fungsinya, alat pembersih khusus ini juga perlu dibersihkan. Berikut beberapa langkah proses yang dapat Anda ikuti.

Sebelumnya Anda harus perhatikan 3 hal berikut sebelum mencuci bahan kain microfiber.

  • Tidak Boleh Terkena Panas
  • Tidak Boleh Menggunakan Bahan Pelembut Kain (Softener).
  • Tidak Boleh Menggunakan Deterjen (Rinso, dll)

Ingat, bahan kain lap dan handuk mikrofiber paling baik dan sangat disarankan hanya menggunakan air saja, tidak boleh menggunakannya dengan produk pembersih apa pun, karena dapat menghentikan cara kerja dan efektifitas dari bahan microfiber sendiri.

Jadi, ketika Anda mencuci bahan kain lap dan handuk mikrofiber, hindari menggunakan kondisioner atau deterjen karena yang Anda butuhkan hanyalah air.

Cara Mencuci Bahan Kain Microfiber dengan Mesin Cuci.

Panduan Cara Mencuci Bahan Kain Lap dan Handuk Microfiber 1

Sangat disarankan untuk memisahkan bahan kain microfiber dengan bahan kain lainnya tidak dicampur menjadi satu pada saat pencucian didalam mesin cuci. Cuci dengan temperatur yang sejuk atau hangat tanpa deterjen. Setelah proses selesai, biarkan kering sendiri jangan menggunakan pengering pada mesin cuci atau jika ada pengaturan suhu pada pengeringnya, aturlah pengaturan suhu panas ke level terendah didalam pengering mesin cuci.

Cara Mencuci Bahan Kain Microfiber dengan Tangan (Manual).

Panduan Cara Mencuci Bahan Kain Lap dan Handuk Microfiber 2

Mencuci tangan seringkali merupakan metode pembersihan yang paling mudah, dan dengan kain microfiber yang Anda butuhkan hanyalah air! Biarkan kain microfiber yang kotor direndam dalam air dingin atau hangat (bukan panas), dan gunakan tangan Anda untuk membantu menggerakkan handuk atau lap sehingga dapat melepaskan kotoran. Bilas dengan baik dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Haruskah Mengeringkan Handuk dan Lap Microfiber dengan Pengering (Dryer) atau di Setrika?

Tidak, tetapi jika Anda memilih pengering rambut (Hair Dryer), maka pastikan untuk menggunakannya pada pengaturan suhu panas yang rendah.

Jangan pernah menyeterika bahan kain lap dan handuk microfiber karena suhu panas setrika sangat ekstrem dan akan membuat handuk dan lap microfiber menjadi kurang efektif sebagai alat pembersih.

Demikian panduan cara mencuci bahan kain microfiber dengan benar agar lebih awet dan tetap berfungsi sebagai alat pembersih yang efektif dan efisien.